Album Iwan Fals Sugali

Sua...sua...suara berita
Tertulis dalam koran
Tentang seorang lelaki
Yang sering keluar masuk bui
Jadi buronan polisi

Album Sugali yang di rilis pada tahun 1984 di kerjakan bersama Chilung Ramali.

Album ini menceritakan kisah seorang preman pada waktu itu yang menjadi target Petrus ( Penembak Misterius ), yang marak pada masa era 80-an.

Sugali sendiri tidak lain adalah Gali ( Gabungan Anak Liar ) yang merupakan sebutan nama preman pada waktu itu, Kelompok ini di anggap pengacau keamanan dalam masyarakat. Penguasa pada waktu itu memerintahkan alat negara untuk memberi shock traphy ke pada para Gali. Petrus pun bekerja dan berubah menjadi hakim yang dapat memvonis mati seseorang. 

Pembasmian preman yang dijalankan mengingkari dari prosedur hukum pidana, tidak ada proses hukum penangkapan, penyelidikan, peradilan. Seseorang yang di curigai sebagai preman di tangkap kemudian di tembak, dan di buang ke tanah lapang, pasar, sawah dll. inilah shock traphy yang di maksud penguasa pada masa itu.

Target petrus adalah mereka yang mempunyai tato, akibatnya orang yang mempunyai tato pada waktu itu menghilangkan dengan berbagai cara dari di setrika sampai dengan air keras.dan ada yang bersembunyi ke luar daerah agar tidak diketahui jejak nya.

Mobil jenis jeep di anggap sebagai malaikat maut bagi para preman, kehadirannya mendatangkan teror, konon kabarnya para petrus menjemput korbannya dengan kendaraan jenis ini.

Nah..itulah sedikit ringkasan dari kisah album Sugali, klo mau lebih jelas kawan-kawan bisa cari lewat om google , sudah pasti banyak tentang kisah sugali ini.

Bagi kawan-kawan yang mau dowload koleksi albumnya bisa di download di bawah ini

DAFTAR LAGU 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar